Fungsi Tutup Radiator Mobil -
Sistem pendingin terdiri dari beberapa komponen utama sepertiradiator, tutup radiator, kipas pendingin, pompa air, thermostat dan lain lain. Dibagian atas radiator (upper tank) terdapat lubang pemasukan yang digunakan untuk memasukkan air pendingin ke dalam radiator. Lubang pemasukan ini ditutup rapat oleh tutup radiator.
Fungsi Tutup Radiator Mobil
Tutup radiator berfungsi untuk mempercepat dalam menaikkan temperatur pendingin hingga mencapai 100 derajat celcius, namun juga mencegahnya mendidih pda suhu dan tekanan yang tinggi. Sehingga mesin akan lebih cepat mencapai temperatur kerja (kira-kira 80 - 100 derajat celcius).
Untuk menjalankan fungsi tersebut, pada tutup radiator terdapat dua buah katup. Yaitu katup tekan dan katup hisap (vakum). Dan berikut ini komponen dari tutup radiator :
Bagian-bagian Tutup RadiatorMohon maaf gambar bagian-bagian radiator menyusul, sampai blog ini benar-benar mantab. Dari gambar diatas dapat dilihat komponen/bagian dari tutup radiator, seperti :
- Rangka
- Leher radiator
- Cincin perapat
- Saluran buang
- Pegas katup pelepas
- Katup pelepas (Relieve Valve)
- Katup hisap (Vacuum valve)
Cara kerja tutup radiator
Pada dasarnya cara kerja tutup radiator adalah cara kerja dari katup-katup yang ada pada tutup radiator. Sehingga dengan menjelaskan kerja dari katup tekan dan katup velve pada tutup radiator juga membahas tentang cara kerja dari tutup radiator. Untuk membahas tentang cara kerja radiator lihat gambar dibawah ini.
|
Cara Kerja Tutup Radiator |
Cara kerja katup tekan (relieve valve)
Cara kera katup ini adalah pada saat temperatur mesin sudah melebihi temperatur kerja. Ketika mesin sudah mencapat temperatur kerja, dan tekanan di dalam radiator semakin meningkat. Maka apabila tekanan radiator ini sudah melebihi dari batas spesifikasi (dapat mengalahkan pegas) maka katup tekan akan membuka. Uap-uap air akan mengalir menuju tanki cadangan (reservoir tank). Gambar b.
Karena pada saat suhu dan tekanan rendah, katup ini belum membuka maka salah fungsi dari tutup radiator adalah untuk mempercepat mesin mencapai suhu kerja. Ketika sudah mencapat suhu dan tekanan yang melebihi tekanan pegas, dan katup membuka maka peran tutup radiator sebagai mencegah air mendidih pada suhu 100 derajat celcius.
Biasanya pada tutup radiator terdapat spesifikasinya, sebagai contoh pada tutup radiator terdapat sebuah tulisan dengan spesifikasi tekanan 0.9 bar. Maka tutup radiator tersebut, katup tekannya akan mulai membuka pada saat tekanan dalam radiator 0,9 bar.
Cara kera katup vakum (vakuum valve)
Cara kera ini adalah pada saat temperatur dingin. Ketika mobil sudah selesai digunakan dan perlahan-lahan suhu mesin turun, maka suhu dan tekanan di dalam radiator juga turun. Akibanya radiator mengalami kevakuman. Kevakuman ini akan menghisap dan apabila sudah melebihi atau dapat mengalahkan pegas maka katup tekan akan membuka. Dan sebagian air yang ada pada tanki cadangan akan terhisap kembali ke radiator.Gambar b.
Apabila kurang jelas bisa ditanyakan di komentar dibawah ini. Oke sekiranya itu saja
fungsi, bagian dan cara kerja tutup radiator mobil. Baca :
Radiator Pada Sistem Pendingin
Kunjungi juga http://lebahberkarya.wordpresd.com
ReplyDeleteapakah normal kalo air radiator sampai keluar dr lubang kecil di tutup radiator itu ?
ReplyDelete