Sistem Kemudi Rack and Pinion - Pada kesempatan yang lalu sudah saya share mengenai fungsi sistem kemudi dan komponen-komponennya pada artikel
Sistem Kemudi (Steering System) Steering system berperan untuk mengatur arah kendaraan dengan jalan membelokkan roda. Pada Kendaraan. Ada 2 jenis sistem kemudi yang paling banyak digunakan, yaitu tipe recirculating ball dan tipe rack and pinion. Penggunaan sistem kemudi jenis recirculatin ball banyak digunakan pada mobil-mobil niaga/berat seperti bus, pick up, truck dll. Sedangkan jenis rack and pinion banyak ditemui pada mobil-mobil yang ringan seperti mobil penumpang.
Komponen-komponen kemudi rack and pinion
|
Komponen kemudi rack and pinion |
Gambar diatas adalah kontruksi dan komponen-komponen dari sistem kemudi rack and pinion, yaitu terdiri dari :
- Roda kemudi (steering wheel)
- Pelindung poros kemudi (steering shaft)
- Batang kemudi (steering shaft)
- Penghubung salib (cross joint)
- Poros pemindah
- Karet penutup debu (boot)
- Ball joint tie rod
- Knuckle arm
- Gigi pinion
- Gigi rack
- Tie rod
Cara kerja kemudi rack and pinion
Ketika steering wheel diputar oleh pengemudi, maka steering shaft akan berputar sehingga pinion pun juga akan ikut berputar. Putaran pada pinion ini akan membuat rack bergerak ke samping (baik ke kanan atau ke kiri) yang selanjutnya gerakan menyamping ini diteruskan menuju tie rod kemudian ke knuckle arml pada roda-roda depan sehingga salah satu sisi roda akan terdorong, dan sisi lainnya akan tertarik hal ini menyebabkan roda berbelok atau berputar ke arah yang sama.
Keuntungan kemudi rack and pinion
Berikut merupakan keuntungan dari sistem kemudi tipe rack and pinion bila dibandingkan dengan tipe recircuating ball :
- Dilihat dari konstruksinya maka kemudi jenis ini lebih ringan dan sederhana
- Kemudi tipe ini persinggungan antara gigi pinion dan rack secara langsung
- Keuntungan yang selanjutnya adalah pemindahan momen relatif lebih baik (tidak banyak sambungan-sambungan), sehingga lebih ringan.
Kerugian kemudi rack and pinion
Selain memiliki kelebihan, kemudi jenis ini juga memiliki kerugian dan berikut ini merupakan kerugiannya :
- Karena kontruksi dari roda giginya lebih kecil, maka sistem kemudi tipe ini hanya cocok digunakan pada mobil penumpang ukuran kecil atau sedang.
- Lebih cepat aus karena bentuk gigi racknya lurus
Diatas adalah kemudi jenis rack and pinion yang masih belum menggunakan power steering, lain kali akan saya share mengenai power steering ini.
Belum ada tanggapan untuk "Sistem Kemudi Rack and Pinion"
Post a Comment